Menu

Aneka Trik Dapur



Kali ini saya akan membahas beberapa Aneka Trik dalam urusan Dapur, silahkan di simak.

Tips 1 : Tips memperbaiki Sup yang Keasinan

Jika anda terlalu banyak menambahkan garam pada masakan berkuah, masukkan potongan kentang mentah ke dalam masakan, lalu masak beberapa saat. Potongan kentang akan menyerap kelebihan garam pada masakan anda.

Tips 2 : Tips mengatasi Saus Botolan yang susah keluar

Saus yang masih baru seringkali susah keluar dari botolnya. Untuk mengatasinya, masukkan sedotan hingga ujung botol dengan posisi hampir horizontal, bagian bawah botol sedikit lebih tinggi daripada bagian atasnya, lalu tepuk-tepuk bagian samping leher botol.

Tips 3 : Tips Memotong makanan yang Lengket

Makanan yang lengket seperti jadahm dodol atau buah-buahan kering lebih susah diiris. Untuk mempermudah proses pengirisan, basahi terlebih dahulu pisau dengan air agar makanan yang dipotong tidak menempel di pisau. Jika akan memotong buah kering, masukkan buah kering dalam freezer, dan potong buah saat masih beku.

Tips 4 : Tips merebus Santan

Jika cara perebusan santan tidak benar, santan akan memisah atau sering disebut santan pecah. Untuk menghindarinya, rebus santan dengan api kecil sambil terus diaduk pelan-pelan. Jangan sampai santan naik, matikan segera api jika santan mulai mendidih.

Tips 5 : Tips meniriskan Gorengan

Tiriskan gorengan menggunakan tisu dapur atau bahan penyerap lain yang dapat kontak dengan makanan (food grade). Jangan pernah meniriskan gorengan menggunakan kertas Koran atau kertas lainnya yang bertinta karena tinta mengandung timbale dan akan mudah menempel pada makanan berminyak.

Tips 6 : Tips Mencegah Panas saat Memegang Cabai

Sebelum memotong atau membersihkan cabai, oleskan sedikit minyak sayur pada tangan. Setelah selesai memegang cabai, segera cuci tangan hingga bersih.

Tips 7 : Tips agar Penggorengan tidak lengket

Jika anda baru saja membeli penggorengan (bukan penggorengan antilengket), sebelum menggunakannya rebus ait yang telah dicampur sedikit cuka dalam penggorengan sampai mendidih, lalu cuci penggorengan seperti biasa. Hal ini dapat mencegah makanan lengket saat digoreng.

Tips 8 : Tips agar Masakan tidak lengket

Jangan lupa untuk selalu memanaskan penggorengan sebelum memasak dan pastikan memasukkan sedikit minyak sebelum memanaskannya. Jangan membalik masakan yang digoreng atau dipanggang sebelum kering. Jika memungkinkan, gunakan penggorengan anti lengket.

Tips 9 : Tips mendapatkan Santan yang banyak

Untuk memperoleh santan yang banyak dan putih bersih, pilih kelapa yang sedang, tidak terlalu muda atau terlalu tua. Kupas kulit arinya lalu parut. Peras kelapa parut dengan air hangat agar santan yang keluar lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Author

authorHello, Saya Yunita Puspitasari Uda'a, kalian bisa memanggil saya Yuyun.
Learn More →



About Us

Labels