Menu

Tips Seputar Telur dan Unggas


Nah, kali ini saya akan membahas Tips seputar Telur dan Unggas (bisa ayam bisa bebek yaah, yang penting menghasilkan telur dan tergolong unggas, hihihhi) silahkan "dinikmati" tipsnya berikut ini :

Tips 1 : Tips Menyimpan daging unggas

Segera setelah sampai di rumah, bersihkan daging ayam. Jika tidak segera dimasak, simpan dalam freezer. Sebelum menyimpannya, bungkus menggunakan cling film/aluminium foil. Jika anda membeli untuk beberapa kali masak, bagi ayam dalam porsi 1 kali masak, lalu bungkus masing-masing porsi tersebut. Jika anda membeli ayam dalam kondisi bersih dan terbungkus, anda dapat langsung menyimpannya di freezer atau melapisi pembungkusnya kembali dengan cling film/ aluminium foil.

Tips 2 : Tips Membuat Telur Dadar

Untuk membuat telur dadar lebih lembut dan mengembang, caranya mudah sekali. Cukup dengan menambahkan 1 sdm susu whole milk untuk tiap butir telur, kemudian kocok hingga rata sebelum digoreng.

Tips 3 : Tips memisahkan putih dan kuning telur

Siapkan 2 wadah untuk putih dan kuning telur. Pecahkan telur, dengan mengetukannya pada pinggiran mangkuk. Pastikan retakannya tepat pada bagian tengah telur. Pegang kedua pecahan kulit telur dengan kedua tangan. Pindahkan berulang-ulang isi telur dari kedua pecahan kulit sambil menumpahkan sedikit demi sedikit bagian putih telur sampai yang tertinggal hanya bagian kuningnya. Terakhir, pindahkan kuning telur kedalam eadah lain yang telah disiapkan. Lakukan semuanya di atas wadah putih telur, untuk menampung tumpahannya.

Tips 4 : Tips memilih daging Ayam

Apabila membeli ayam utuh, perhatikan leher ayam untuk memastikan penyembelihan dilakukan secara sempurna. Jangan membeli ayam dengan warna merah kebiruan atau memar pada kulitnya, terutama daerah sayap. Hal ini merupakan indikasi bahwa ayam tersebut sudah mati sebelum disembelih. Jangan pula membeli ayam yang cacat, seperti tulangnya patah, atau kurang bersih (masih banyak bulu-bulu jarumnya). Pilih ayam yang beraroma normal, dagingnya kenyal, tidak busuk, dan tidak berbau bahan kimia yang menyengat.

Tips 5 : Tips menyimpan Telur

Simpan telur dalam kulkas pada rak yang terdekat dengan freezer bukan pada rak telur di pintu kulkas. Hal ini disebabkan suhu pada rak pintu kulkas tidak cukup dingin. Jika membeli telur pada boks telur, simpan bersama dengan boksnya. Anda juga bisa menyimpan telur dalam wadah tertutup untuk mengurangi penguapan. Pastikan posisi ujung telur yang runcing berada di bawah untuk menghindari kerusakan kantong udara.

Tips 6 : Tips Mengupas Telur matang

Untuk telur rebus, pilih telur yang tidak terlalu baru, kira-kira lebih dari 5 hari. Telur yang terlalu muda akan sulit dikupas. Setelah direbus, segera rendam telur dalam air dingin atau siram dengan air mengalir sampai telur dingin. Perendaman dengan air dingin akan menyebabkan terbentuknya lapisan uap antara kulit telur dan putih telur sehingga mempermudah pengupasan. Tambahkan 1 sdt garam ketika merebus.

Tips 7 : Tips membuat telur Mata Sapi

Pilih telur ayam yang masih segar, yakni berumur kurang dari 5 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan penggorengan anti lengket. Jangan menggunakan terlalu banyak minyak, cukup 1 sdm saja. Panaskan minyak sampai cukup panas, pecahkan telur di sisi wajan agar telur tidak terlalu melebar. Tambahkan garam dan lada bubuk untuk menambah rasa. Goreng telur 1- 1½ menit hingga putih telur memadat. Telur mata sapi siap disajikan.

Tips 8 : Tips menentukan kesegaran Telur

Rendam telur pada wadah berisi air garam. Jika telur tenggelam, berarti telur masih segar. Sebaliknya, jika telur mengambang maka telur sudah tidak segar. Hal ini disebabkan semakin lama umur telur, semakin besar ukuran kantong udaranya sehingga telur akan semakin ringan.

Tips 9 : Tips merebus telur matang

Cara merebus telur sampai matang relative lebih mudah daripada merebus telur setengah matang. Masukkan telur bersama air dingin ke dalam panic, lalu panaskan sampai air mendidih, kemudian kecilkan api, lalu masak 10-12 menit.

Tips 10 : Tips orak arik telur gurih

Untuk membuat orak-arik telur (scrambled eggs) yang gurih dan lembut, tambahkan 2 sdm susu cair atau 1 sdm krim untuk tiap 4 butir telur. Gunakan mentega untuk menggoreng agar aroma dan rasanya lebih gurih.

Tidak ada komentar:

Author

authorHello, Saya Yunita Puspitasari Uda'a, kalian bisa memanggil saya Yuyun.
Learn More →



About Us

Labels