Tuesday, May 21, 2013

Tips Seputar Kue dan Makanan Ringan



Mungkin anda para pemula seperti saya, sering terhambat dengan beberapa proses dalam pembuatan Kue atau makanan ringan, baik itu cara memisahkan telur, memakai timbangan, atau memilih loyang untuk memanggang kue, terkadang baru memikirkannya saja sudah membuat kita malas untuk membuat kue. Oleh sebab itu, saya membagi beberapa tips yang sudah saya pelajari sebelumnya. Silahkan di simak tips berikut ini :

Tips 1 : Tips membuat Kue Kering Tetap Renyah

Untuk membuat kue kering buatan anda tetap renyah, pastikan wadah atau toples yang digunakan benar-benar kedap udara. Jika memang kue dirasa sedikit basah, oven selama beberapa menit sebelum disajikan.

Tips 2 : Tips Membuat Popcorn

Agar popcorn mengembang dengan sempurna, simpan jagung popcorn dalam lemari es (freezer) lalu cuci biji jagung dengan air dingin sebelum dimasak. Untuk mendapatkan popcorn yang lebih gurih, campurkan popcorn dengan 1 sdt selai kacang, selai anggur, dan mentega yang telah dicairkan ketika popcorn masih hangat.

Tips 3 : Tips menjauhkan Semut dari Gula

Semut akan menjauhi gula jika anda meletakkan 3-4 butir cengkeh di dalam wadah penyimpanan gula anda.

Tips 4 : Tips menggunakan Timbangan

Sebelum memakai timbangan, periksa terlebih dahulu apakah jarum penunjuk tepat menunjukkan anga nol. Berilah alas pada wadah timbangan jika akan menimbang bahan-bahan seperti mentega, cokelat dan lain-lain. Jangan lupa bobot alas juga harus diperhitungkan, khususnya jika alas yang dipergunakan cukup berat. Untuk memeriksa keakuratan timbangan, timbang beberapa jenis bahan yang sudah diketahui beratnya.

 Tips 5 : Tips membuat Karamel 1

Taburkan gula pasir secara merata di wajan. Panaskan dengan api kecil dan jangan diaduk. Agar panas merata, goyang wajan ketika gula mulai mencair. Setelah gula mencair seluruhnya, besarkan api sedikit, lalu aduk dengan sendok kayu hingga warnanya rata.

Tips 6 : Tips membuat Karamel 2

Taburkan gula pasir di wajan, tambahkan air sedikit. Panaskan dengan api kecil dan jangan diaduk. Goyang wajan sekali-sekali, untuk meratakan gula yang belum mencair. Tambahkan sedikit perasan jeruk untuk mencegah terjadinya Kristal. Jika gula sudah mencair semua, besarkan api. Panaskan sampai mencapai warna yang diinginkan.

Tips 7 : Tips membuat Roti Kering

Untuk membuat roti kering asin sebagai camilan gurih atau teman makan sup, gunakan roti sisa yang hampir mencapai tanggal kadaluarsanya. Aduk mentega dengan sedikit keju dan merica bubuk lalu oleskan pada permukaan roti. Potong-potong lalu panggang hingga kering.

Tips 8 : Tips mencairkan Mentega/Margarin untuk Kue

Jika anda mencairkan mentega/margarine untuk kue, hindari memanaskannya sampai mendidih karena akan mengurangi kadar air di dalamnya. Matikan api sebelum seluruh mentega/margarine mencair. Tunggu sampai hangat sebelum mencampurnya ke dalam bahan kue.

Tips 9 : Tips Mengocok Putih Telur

Wadah dan peralatan untuk mengocok harus bersih dan kering, bebas dari minyak, air dan residu lain. Jika kondisi kurang bersih, adonan akan sulit naik. Sedikit saja kuning telur yang masih tercampur dapat membuat putih telur sulit kaku. Penambahan cream of tartar dapat membantu kestabilan putih telur. Kocok putih telur sampai berbusa dan naik, lalu masukkan gula. Hentikan pengocokan jika adonan telah terlihat mengkilat dan lembut. Jika mikser diangkat (setelah mikser dimatikan), adonan yang baik akan ikut terangkat, tetapi terjatuh kembali.

Tips 10 : Tips Mengocok Krim Kocok

Krim harus berada dalam kondisi dingin. Hendaknya peralatan mengocok yang digunakan ikut didinginkan. Rendam tempat mengocok dalam baskom berisi es agar suhu pengocokan tidak meningkat. Jangan menogocok terlalu lama, segera gunakan setelah kental dan kaku.

Tips 11 : Tips memilih Loyang Kue

Pilih Loyang kue yang kokoh dan terbuat dari bahan food grade (untuk makanan), biasanya ada yang terbuat dari aluminium ataupun Teflon. Untuk membuat kue kering, pilih Loyang tipis dengan tinggi 3-4 cm karena jika menggunakan Loyang tinggi kue akan mudah gosong atau tidak matang bagian dalamnya. Pilih ukuran Loyang yang sesuai dengan ukuran oven anda.

No comments: