Menu

Tips Seputar Kebersihan dan Peralatan Masak


Kali ini kita bahas seputar kebersihan dapur dan bagaimana cara menggunakan Peralatan masak yang digunakan, sehingga terjamin kualitas makanan yang akan disajikan nantinya, langsung di cekidot tipsnya saudara saudara :

Tips 1 : Tips Memilih Talenan

Jika anda membeli talenan sebagai perlengkapan dapur, lebih baik tidak memilih talenan plastic, karena potongan kecil plastic yang ikut teriris dapat masuk ke dalam masakan. Pilihlah talenan kayu, karena relative lebih aman. Selain itu, talenan kayu tidak membuat pisau mudah tumpul. Namun, pengguna talenan kayu harus memperhatikan kebersihan talenan. Jangan menyimpan talenan dalam kondisi kotor dan lembab karena jamur serta kuman akan mudah tumbuh pada talenan kayu.

Tips 2 : Tips membersihkan saluran pembuangan air yang tersumbat

Campurkan ½ cangkir natrium bikarbonat (soda kue) dengan 1 cangkir cuka. Masukkan dalam saluran air yang tersumbat, kemudian tambahkan satu cup air. Diamkan selama satu jam, saluran pembuangan air pada bak cuci yang tersumbat oleh kotoran akan terbuka.

Tips 3 : Tips agar pisau blender/grinder tetap tajam

Untuk menjaga agar pisau dalam blender ataupun grinder tetap tajam, masukkan garam pada alat-alat tersebut, lalu nyalakan beberapa saat. Lakukan secara rutin setiap bulan sekali.
Tips 4 : Tips menghilangkan kerak pada ketel

Untuk menghilangkan kerak berupa berbagai macam endapan mineral yang mulai menumpuk pada ketel. Panaskan air dan ½ cangkir cuka dalam ketel selama 10 – 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Tips 5 : Tips membersihkan perabot plastic

Cara untuk membersihkan peralatan berbahan plastic yang ternoda adalah dengan merendamnya dalam 4,5 liter air hangat yang dicampur 1 mangkuk kecil pemutih. Rendam selama 20 menit. Setelah itu cuci seperti biasa dengan sabun cuci dan air hangat.

Tips 6 : Tips membersihkan blender

Untuk membersihkan blender, masukkan beberapa tetes sabun cair ke dalam blender, tambahkan air hangat sampai setengahnya, tutup blender lalu nyalakan. Setelah dimatikan, cuci blender hingga bersih, lakukan pengulangan jika perlu. Metode ini dapat diterapkan untuk jenis food processor.

Tips 7 : Tips membersihkan Parutan

Cara mudah untuk membersihkan parutan setelah digunakan untuk memarut keju adalah dengan memarut kentang yang masih mentah. Sisa-sisa keju akan dengan mudah terangkat.

Tips 8 : Tips membersihkan Tumpahan Minyak

Jika minyak tertumpah di dapur Anda, jangan membersihkannya menggunakan lap kain atau tisu dapur. Gunakan tpung untuk membersihkan minyak, taburkan tepung di atas tumpahan minyak lalu gosok dan bersihkan sisa tepungnya. Tepung akan menyerap minyak sehingga tumpahan minyak lebih mudah dibersihkan.

Tips 9 : Tips merawat Peralatan Kayu

Peralatan dapur yang terbuat dari kayu, seringkali menyerap bau dari makanan yang bersentuhan dengan peralatan tersebut. Untuk mencegahnya, rendamlah peralatan kayu yang masih baru dalam air yang telah dicampur cuka putih selama semalam. Setelah itu cuci, dan peralatan kayu siap digunakan.

Tips 10 : Tips membersihkan penggorengan yang sangat berminyak

Masukkan air pada penggorengan sampai setinggi ± 1 cm, lalu tambahkan ½ cangkir cuka. Panaskan selama 10 menit, kemudian cuci seperti biasa. Bau minyak yang biasanya tertinggal akan hilang.

Tips 11 : Tips menajamkan Gunting

Gunting dapur anda yang telah tumpul dapat tajam kembali. Caranya mudah, cukup sediakan kertas amplas, lalu gunting menggunakan gunting yang sudah tumpul maka gunting dapur anda akan tajam kembali.

Tips 12 : Tips membersihkan makanan Gosong

Seringkali kita mengalami kesulitan untuk membersihkan masakan gosong dari panci atau peralatan dapur lainnya. Untuk membersihkannya dengan cepat, masukkan campuran air dan sabun cuci ke dalam panic, lalu rebus beberapa sampai mendidih, kemudian biarkan cairan tersebut di dalam panci sampai dingin. Setelah dingin, barulah cuci seperti biasa.

Tips 13 : Tips membersihkan Porselen

Untuk membersihkan porselen, campurkan cream of tartar (bahan tambahan untuk membuat kue) dan air sehingga membentuk pasta. Lalu gosokkan ke permukaan porselen yang kotor.

Tips 14 : Tips membersihkan ceceran masakan pada oven/kompor

Jika masakan tercecer pada permukaan oven/kompor sehingga ceceran tersebut terbakar, taburkan garam pada bagian tersebut. Asap akibat ceceran yang terbakar akan berkurang dan ceceran akan lebih mudah dibersihkan. Untuk mengurangi bau yang menyengat, dapat pula ditambahkan bubuk kayu manis pada garam yang ditaburkan.

Tips 15 : Tips membersihkan Noda Kopi

Beberapa peralatan dapur seperti cangkir dan poci seringkali terkena noda kopi membandel. Untuk membersihkannya, gunakan campuran baking soda dan air dalam bentuk pasta. Gosokkan pada bagian yang ternoda, lalu bilas.

Tips 16 : Tips membersihkan Kulkas

Bersihkan kulkas sekali setiap 7-10 hari. Cairkan bunga es di dalam freezer lalu keluarkan seluruh isi kulkas. Setelah bunga es dicairkan, matikan kulkas lalu lap seluruh bagian kulkas dengan campuran sabun cuci dan air hangat menggunakan lap bersih. Nyalakan kembali kulkas dan masukkan makanan yang telah dikeluarkan. Lakukan pengecekan tanggal kadaluarsa makanan yang disimpan di dalam kulkas.

2 komentar:

Sry endang mengatakan...

trims informasinya

Unknown mengatakan...

keren infonya

gimana mbak pendapatnya tentang tulisan http://www.duniasehat.web.id/2014/10/pentingnya-menjaga-kebersihan-talenan.html

Author

authorHello, Saya Yunita Puspitasari Uda'a, kalian bisa memanggil saya Yuyun.
Learn More →



About Us

Labels