Menu

Tips Seputar Daging


Berikut ini adalah beberapa tips seputar daging, dari cara memilih, mengolah dan menyimpan daging.

Tips 1 : Tips Melunakkan Daging

Agar daging lebih lunak, lumuri daging yang telah dipotong-potong dengan garam. Garam juga dapat ditambahkan ketika merebus daging. Jika anda menghindari penggunaan garam dalam jumlah berlebih, gunakan daun pepaya untuk membungkus daging dan biarkan beberapa saat sebelum memasaknya.

Tips 2 : Tips Membeli Daging di Pasar Tradisional

Jika anda akan membeli daging di pasar tradisional, usahakan anda membelinya sepagi mungkin. Semakin pagi anda datang, kesegaran daging masih terjaga. Sebagian besar pasar tradisional di Indonesia belum dilengkapi pendingin sehingga semakin siang anda pergi ke pasar semakin besar kemungkinan anda membeli daging yang sudah terkontaminasi bakteri.

Tips 3 : Tips Memilih Daging Sapi

Cirri-ciri daging sapi segar adalah berwarna merah terang, seratnya halus, dan lemaknya berwarna kekuningan. Daging yang kaku dan berwarna gelap menunjukkan bahwa penyembelihan dilakukan pada kondisi yang tidak tepat, misalnya hewan dalam keadaan stress atau kehabisan tenaga. Daging sapi yang berwarna cokelat menandakan bahwa daging tersebut sudah terkena udara terlalu lama.

Tips 4 : Tips Agar Daging Matang Sempurna

Agar daging dan produk olahannya benar-benar matang saat digoreng, jangan terlalu sering membolak-baliknya. Cukup membaliknya sekali saat waktu pemasakan dirasa cukup. Kangan pula memasukkan bahan yang digoreng atau direbus terlalu banyak karena akan menghambat proses pemasakan.

Tips 5 : Tips Menyimpan Daging

Setelah dibersihkan, persendian sapi atau kambing hendaknya ditempatkan pada wadah polythene lalu dibungkus lagi dengan cling film. Pastikan udara tidak dapat masuk dan air tidak dapat menguap keluar. Bungkus harus benar-benar kuat sehingga tidak robek selama penyimpanan, kemudian masukkan dalam freezer. Persendian sapi dapat bertahan selama 8 bulan, sedangkan persendian kambing dapat bertahan selama 6 bulan.

Tips 6 : Tips Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi (Pork)

Berikut ini adalah cara sederhana untuk membedakan daging sapi dan daging babi. Daging babi berwarna lebih pucat dan lebih lunak daripada daging sapi karena kandungan lemaknya lebih tinggi. Daging babi biasanya terlihat lebih kering karena mempunyai kemampuan mengikat air yang lebih tinggi.

Tips 7 : Tips Menghilangkan Bau Prengus kambing

Jangan mencuci daging kambing karena bau prengus akan semakin terasa. Cukup lumuri daging dengean air jeruk limau atau jeruk nipis, biarkan beberapa saat. Bau prengus semakin tidak terasa jika daging kambing dimasak dengan berbagai macam rempah.

Tidak ada komentar:

Author

authorHello, Saya Yunita Puspitasari Uda'a, kalian bisa memanggil saya Yuyun.
Learn More →



About Us

Labels