Menu

Tips Seputar Buah dan Sayur



Buah dan Sayur memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Vitamin yang terdapat dalam buah mampu membentuk tubuh menjadi lebih sehat lagi, namun buah dan sayur tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama, maka simak tips berikut ini :

Tips 1 : Tips agar Apel Tampak Segar

Apabila apel yang anda sajikan tampak layu dan kurang menarik, rendamlah apel di dalam air hangat-hangat kuku yang telah dibubuhi sedikit garam. Apel anda pun akan tampak lebih segar.

Tips 2 : Tips Mencegah warna Kecokelatan pada Apel

Warna kecokelatan pada potongan apel disebabkan oleh reaksi enzimatis. Untuk mencegahnya, oleskan perasan jeruk lemon (dapat pula diganti dengan jenis jeruk yang lain) pada permukaan potongan apel. Antioksidan (vitamin C) pada jeruk dapat mencegah terjadinya reaksi oksidasi.
Tips 3 : Tips mengupas Tomat

Untuk membuat pasta tomat atau jenis olahan tomat tertentu, dibutuhkan tomat yang telah dikupas. Cara mudah untuk mengupas tomat adalah dengan merendamnya dalam air hangat terlebih dahulu selama 5-10 menit. Setelah direndam, kulit tomat akan dengan mudah dikupas.

Tips 4 : Tips menyegarkan Tomat Layu

Tomat yang telah layu dapat kembali segar setelah direndam selama semalam di dalam air dingin yang telah ditambah sedikit garam.

Tips 5 : Tips Mempertahankan Kesegaran Buah dalam Kulkas

Seringkali sayuran menjadi layu atau mongering jika disimpan agak lama di dalam kulkas. Hal ini disebabkan kelembapan yang rendah dalam kulkas menyebabkan sayuran kehilangan sebagian kandungan airnya. Bungkus sayuran yang akan disimpan dalam kulkas dengan kertas Koran jika sayuran tersebut tidak segera dimasak, lalu letakkan pada vegetable box pada bagian dasar kulkas.

Tips 6 : Tips memeras Jeruk Nipis atau lemon

Jika jeruk lemon atau jeruk nipis terlalu keras untuk diperas, rendam jeruk dalam air hangat selama 5-10 menit.

Tips 7 : Tips mempercepat pematangan Buah

Untuk mematangkan buah yang masih mengkal, bungkus buah dengan kertas Koran, lalu tempatkan pada tempat yang cukup hangat. Biarkan selama 2-3 hari. Buah akan semakin cepat matang karena gas etilen (hormon tumbuhan yang membantu proses pematangan buah) terperangkap dalam kertas Koran pembungkus buah.

Tips 8 : Tips Memeras Jeruk

Untuk mendapatkan air perasan jeruk yang cukup banyak, rendam jeruk sebelum diperas di dalam air panas selama 15 menit.

Tips 9 : Tips agar Pisang lebih tahan lama

Pisang adalah jenis buah yang mudah busuk. Agar pisang lebih panjang umur simpannya, potong sedikit bagian ujung pisang dan jangan menyimpan pisang dalam posisi menggantung. Meskipun lama-kelamaan kulit pisang cokelat, tetapi bagian dalamnya tetap segar.

Tips 10 : Tips memanfaatkan Pisang yang terlalu Matang

Pisang yang sudah terlalu matang tak enak jika dikonsumsi langsung. Olah pisang tersebut menjadi milk shake pisang. Cara membuatnya adalah, kupas pisang, simpan isinya di dalam wadah plastic, masukkan ke dalam freezer. Jika sudah membeku, masukkan ke dalam blender. Tambahkan sedikit susu, vanilla dan gula secukupnya untuk menambah rasa.

Tips 11 : Tips Memilih Tomat

Terdapat beberapa jenis tomat yang dapat menjadi pilihan ketika memasak, antara lain tomat plum, tomat beef, tomat ceri dan tomat hijau. Tomat plum bentuknya lonjong dengan permukaan kulit yang tipis dan daging buah yang banyak mengandung air. Tomat ini cocok untuk masakan dengan proses masak yang lama, seperti saus, sup tomat, atau tomat panggang. Tomat beef ukurannya besar dan berdaging tebal, cocok untuk salad, jus, dan pelengkap sandwich. Tomat ceri ukurannya kecil, mirip buah ceri dengan rasa manis, cocok untuk pelengkap salad atau dimakan mentah. Tomat hijau daging buahnya agak keras dan rasanya agak asam, kandungan air sedikit, cocok untuk masakan dengan rasa asam segar.

Tips 12 : Tips Menyajikan Jus Buah

Untuk menyajikan jus buah, supaya lebih dingin, tambahkan es yang terbuat dari jus buah beku yang sudah disiapkan sebelumnya. Dengan cara ini, cita rasa jus buah akan tetap kuat karena tidak tercampur dengan air dari es batu yang meleleh.

Tips 13 : Tips menyimpan Jus Buah

Jus buah kaya akan vitamin, terutama vitamin C. supaya vitaminnya tidak rusak, hindari menyimpan jus buah di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Simpan selalu jus buah dalam lemari pendingin (suhu 1-40C). Selain untuk mempertahankan kualitas vitaminnya, hal ini juga dimaksudkan supaya rasanya tetap segar.

Tips 14 : Tips Agar Cocktail Pepaya tidak Lembek

Pepaya yang masak memiliki tekstur yang lembek, tetapi ada cara untuk membuat pepaya, menjadi lebih kokoh saat dibuat koktail. Rendam irisan/bulatan pepaya ± 30 menit dalam air yang telah ditambahkan sedikit air rendaman kapur sirih. Air rendaman kapur sirih didapatkan dari campuran air dan kapur sirih yang dibiarkan beberapa saat sampai mengendap, lalu diambil cairan bagian atasnya.

Tips 15 : Tips mengurangi Pahit pada Pare

Jika anda ingin memasak pare, tetapi tidak suka rasa yang terlalu pahit maka remas-remas terlebih dahulu pare yang telah dipotong-potong dalam larutan garam selama beberapa saat. Setelah itu, cuci pare dengan air bersih, dan pare siap dimasak.

Tidak ada komentar:

Author

authorHello, Saya Yunita Puspitasari Uda'a, kalian bisa memanggil saya Yuyun.
Learn More →



About Us

Labels