Menu

Tips Memutihkan Kulit Wajah ala Orang Zaman Dulu (Traditional Recipe)

Posting ke-5

Tahun lalu kegalauan melanda wajah saya. Karena sering keluar rumah saat siang hari, dan kurang merawat wajah, maka terjadilah hal-hal yang paling tidak diinginkan para wanita seperti saya. Muka mulai kusam, kuyu, dan jerawat serta komedo hinggap dan betah diwajah saya. 

Ada beberapa teman yang merekomendasikan produk kecantikan andalan mereka, dan saya mencoba beberapa diantaranya, memang sih wajah saya bisa bersinar dan cerah, namun setelah saya berhenti menggunakan produk tersebut, wajah saya ketagihan dan ingin terus dimanjakan dengan produk yang harganya lumayan menguras dompet. Saya kemudian berpikir, sampai kapan saya harus bertahan dengan segala macam promosi dari produk-produk kecantikan yang sebenarnya tidak dapat bertahan lama dan pada intinya menggunakan bahan-bahan kimia yang mungkin tidak menyebabkan bahaya saat pemakaiannya namun pada akhirnya akan menimbulkan masalah di masa akan datang. 

Sejenak kemudian saya teringat dengan obrolan singkat antara saudara nenek dan ibu saya. Ibu saya bertanya, bagaimana cara merawat kulit wajah yang baik seperti kulit wajah nenek (maklum wajah saudara nenek saya itu walaupun usianya sudah di atas 70 Tahun, kulit wajah beliau masih seperti usia 50 tahunan). Sesaat saudara nenek saya itu pun tersenyum dan membagi beberapa tips andalannya. Beliau mengatakan bahwa, dari sejak remaja beliau seringkali menggunakan bahan-bahan natural dari alam, dan tidak lupa juga untuk selalu menjaga wudhu serta sholat, makanya selain kulit wajah terawat dari luar, tetapi air wudhu dan ibadah sholat juga berpengaruh untuk memancarkan cahaya dari dalam hati ke wajah kita.

Saya kemudian berinisiatif untuk mencoba resep dari nenek saya itu. Ada beberapa cara penggunaannya, dan semua bahan-bahan itu termasuk sangat mudah untuk didapatkan. 
Berikut tips-tipsnya :

1. JERUK NIPIS - Memutihkan dan Menghaluskan Kulit Wajah
Jeruk-Nipis


Kandungan air yang ada di jeruk nipis dapat menghilangkan lemak berlebih untuk kulit berminyak dan  juga bisa mengecilkan pori – pori kulit.




Cara penggunaannya :

  • Cuci muka dengan Air hangat lalu keringkan dengan handuk.
  • Kemudian ambil potongan jeruk nipis lalu oleskan di kulit wajah, seperti di hidung dan pipi terutama untuk pori-pori kulit yang besar. Setelah itu, anda bisa juga mengoleskan potongan jeruk nipis tadi di bagian wajah dan kulit di tubuh lainnya untuk memutihkan dan menghaluskan kulit.


2. ALPUKAT- Menghaluskan Kulit Wajah

Alpukat

Selain berguna untuk kesehatan tubuh ternyata Alpukat juga bagus untuk kesehatan kulit, karena kandungan gizi baik itu vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, zat besi, niasin, posatium, asam pantotenik dan protein ada di dalam buah alpukat.





Cara penggunaannya :

  • Cuci muka dengan air, lalu keringkan dengan handuk.
  • Ambil secukupnya bagian kulit alpukat, kemudian gosokkan secara perlahan di bagian wajah dan  diamkan selama 15 menit. 
  • Setelah itu bilas wajah dengan air dingin.
  • Lakukan pada saat malam hari dan sebelum tidur, waktu yang paling baik adalah disaat anda istirahat karena anda akan merasakan kulit terasa segar di pagi harinya.


3. MENTIMUN dan LABU - Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit
Ketimun


Mentimun mengandung Vitamin B dan vitamin C yang mampu memutihkan daan mencerahkan kulit serta dapat menghilangkan bercak merah di kulit karena efek sengatan matahari (Ultraviolet)




Cara penggunaannya :

  • 150 gr Labu direbus, setelah matang campurkan dengan sebuah irisan mentimun ukuran sedang lalu di blender hingga halus. Sisihkan.
  • Kemudian haluskan lagi 50 gr kedelai dengan blender. Sisihkan.
  • Oleskan 1/3 bagian jus mentimun secara tipis dan merata ke wajah. Tidak berapa lama, ada penguapan di wajah, lalu sisa jus mentimun tadi dicampur dengan air panas di sebuah baskom. Kemudian bilas wajah dengan air tersebut kurang lebih 5-10 menit sampai wajah anda merasakan hangat. 
  • Setelah itu, oleskan kacang kedelai yang sudah halus tadi di bagian wajah dan pijatlah. 
  • Diamkan beberapa saat lalu basuh wajah anda dengan kain basah. 
  • Yang terakhir gunakan masker dari labu yang sudah halus dan diamkan selama 20 menit lalu bilas  wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk kering.


Apabila anda ingin membuat masker menggunakan bahan-bahan dari sayuran yang berfungsi untuk melicinkan dan menegangkan kulit, anda bisa menggunakan Kentang, Wortel, Bengkoang atau Tomat. Masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda tetapi pada intinya sih untuk menjaga kesehatan wajah anda. Berikut adalah manfaat dari keempat jenis sayuran di atas:

  1. Bengkoang, untuk menghilangkan flek hitam dan memutihkan kulit serta pigmentasi.
  2. Kentang untuk memutihkan dan melembutkan kulit
  3. Tomat untuk melicinkan dan menghaluskan kulit.
  4. Wortel untuk mengencangkan kulit wajah.
Anda bisa mencobanya, bahan-bahannya mudah didapat dan telah terbukti. Saat ini pun saya sudah dua tahun mencobanya, walaupun tidak rutin setiap hari, namun saya selalu berupaya untuk melakukannya seminggu sekali. Tidak ada efek samping dan tidak menyebabkan ketagihan di wajah.
Pilihan di tangan anda, mau efeknya cepat tapi bahaya atau mau lambat tapi bermanfaat selamanya.

Tidak ada komentar:

Author

authorHello, Saya Yunita Puspitasari Uda'a, kalian bisa memanggil saya Yuyun.
Learn More →



About Us

Labels